Semangat Belajar adalah nomor 1

Senin, 25 April 2011

PERANAN SEKTOR LUAR NEGERI TERHADAP INDONESIA
Peranan sector luar negeri terhadap Indonesia sangat berdampak bagi perekonomian dan gaya hidup masyarakat Indonesia, beberapa dampak yang dialaminya bermacam – macam berdampak positif dan negatif. Untuk perekonomian, peranan sector luar sangat merajai pasar di Indonesia akibatnya banyak perusahaan Indonesia yang gulung tikar akibat kalahnya persaingan. Namun disamping itu modernisasi di Indonesia menjadi maju akibat peranan sector luar. Berikut adalah beberapa Organisasi luar yang mempengaruhi Indonesia.

IMF (International Monetary Fund)
Dana Moneter Internasional (IMF) adalah organisasi dari 187 negara, bekerja untuk meningkatkan kerjasama keuangan global, stabilitas keuangan aman, memfasilitasi perdagangan internasional, mempromosikan kerja tinggi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dan mengurangi kemiskinan di seluruh dunia.

Sejarah

Dana Moneter Internasional dibentuk pada Juli 1944 selama PBB Konferensi Moneter dan Keuangan. Para wakil dari 45 pemerintah bertemu di Mount Washington Hotel di daerah Bretton Woods, New Hampshire, Amerika Serikat, dengan delegasi ke konferensi menyetujui kerangka kerja sama ekonomi internasional. IMF secara resmi diselenggarakan pada tanggal 27 Desember 1945, ketika 29 negara pertama yang menandatangani Perjanjian Anggaran. Tujuan hukum dari saat ini IMF adalah sama seperti ketika mereka dirumuskan pada tahun 1943.
Pengaruh IMF dalam ekonomi global terus meningkat karena akumulasi lebih banyak anggota. Jumlah negara-negara anggota IMF memiliki lebih dari empat kali lipat dari 44 negara terlibat dalam pendiriannya, mencerminkan khususnya pencapaian kemerdekaan politik oleh banyak negara berkembang dan baru-baru runtuhnya blok Soviet. Perluasan keanggotaan IMF, bersama dengan perubahan dalam perekonomian dunia, telah diwajibkan IMF untuk beradaptasi dalam berbagai cara untuk terus melayani tujuan secara efektif.
Pada tahun 2008, dihadapkan dengan kekurangan pendapatan, dewan eksekutif Dana Moneter Internasional setuju untuk menjual sebagian dari cadangan emas IMF.Pada tanggal 27 April 2008, Direktur Pelaksana IMF Dominique Strauss-Kahn menyambut baik keputusan dewan 7 April 2008 untuk mengusulkan kerangka kerja baru untuk dana, yang dirancang untuk menutup defisit $ 400.000.000 anggaran diproyeksikan selama beberapa tahun mendatang. Usulan anggaran termasuk pemotongan belanja tajam sebesar $ 100 juta sampai 2011 yang akan berisi hingga 380 pemecatan staf.
Pada KTT 2009-20 G London, diputuskan bahwa IMF akan membutuhkan sumber daya keuangan tambahan untuk memenuhi kebutuhan calon dari negara-negara anggota selama krisis keuangan global.
Pada tanggal 23 Oktober 2010, Menteri Keuangan G-20, yang mengatur sebagian besar kuota anggota IMF, setuju untuk reformasi IMF dan pergeseran sekitar 6% dari saham dengan hak suara ke negara-negara berkembang besar dan negara dengan muncul markets.As Agustus 2010 Rumania ($ 13900000000), Ukraina ($ 12660000000), Hungaria ($ 11700000000) dan Yunani ($ 30 milyar) adalah debitur terbesar dana tersebut.

World Bank

Bank Dunia adalah lembaga keuangan internasional yang memberikan pinjamankepada negaranegara berkembang untuk program modal. Bank Dunia memilikitujuan mengurangi kemiskinan. Secara hukum, semua keputusan harus dipandu olehkomitmen untuk mempromosikan investasi asing, perdagangan internasional dan memfasilitasi penanaman modal.
Bank Dunia berbeda dari Kelompok Bank Dunia, di bahwa Bank Dunia hanya terdiri dari dua lembaga: Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (IBRD)dan International Development Association (IDA), sedangkan yang keduamenggabungkan kedua selain tiga lagi : International Finance Corporation (IFC),Badan Penjamin Investasi Multilateral (MIGA), dan Pusat Internasional untukPenyelesaian Perselisihan Investasi (ICSID).
Sejarah
Bank Dunia adalah salah satu dari lima lembaga yang diciptakan pada Konferensi Bretton Woods tahun 1944. Dana Moneter Internasional, sebuah lembaga terkait, adalah yang kedua. Delegasi dari berbagai negara menghadiri Konferensi Bretton Woods. Negara-negara yang paling kuat yang hadir adalah Amerika Serikat dan Inggris, yang didominasi negosiasi.
Meskipun keduanya berbasis di Washington, DC, Bank Dunia, menurut adat, yang dipimpin oleh seorang Amerika, sedangkan IMF dipimpin oleh seorang Eropa.

Dari konsepsi sampai 1967 bank melakukan tingkat pinjaman yang relatif rendah.konservatisme fiskal dan seleksi cermat terhadap permohonan pinjaman adalah hal biasa. staf Bank berusaha untuk menyeimbangkan prioritas pemberian pinjaman untuk rekonstruksi dan pembangunan dengan kebutuhan untuk menanamkan kepercayaan di bank.
Bank presiden John McCloy dipilih Prancis untuk menjadi penerima pertama bantuan Bank Dunia, dua aplikasi lain dari Polandia dan Chile ditolak. Pinjaman ini sebesar $ 250 juta, separuh dari jumlah yang diminta dan datang dengan kondisi yang ketat.Staf dari Bank Dunia memantau penggunaan dana, memastikan bahwa pemerintah Prancis akan menyajikan anggaran berimbang dan memberikan prioritas pembayaran utang kepada Bank Dunia atas pemerintah lainnya. Amerika Serikat Departemen Luar Negeri mengatakan kepada pemerintah Perancis bahwa unsur-unsur komunis dalam Kabinet perlu dihapus. Pemerintah Prancis memenuhi diktat ini dan dihapus pemerintah koalisi Komunis. Dalam jam pinjaman ke Prancis telah disetujui.
The Marshall Plan tahun 1947 disebabkan pinjaman oleh bank untuk berubah banyak negara Eropa menerima bantuan yang bertanding dengan pinjaman Bank Dunia.Penekanan dialihkan ke negara-negara non-Eropa dan sampai 1968, pinjaman yang dialokasikan untuk proyek-proyek yang akan memungkinkan negara peminjam untuk membayar kembali pinjaman (proyek-proyek seperti pelabuhan, sistem jalan raya, dan pembangkit listrik).
1968-1980.

Dari tahun 1968 sampai tahun 1980, bank terkonsentrasi pada pemenuhan kebutuhan dasar orang di negara berkembang Ukuran dan jumlah pinjaman untuk peminjam adalah sangat meningkat sebagai target kredit diperluas dari infrastruktur ke pelayanan sosial dan sektor lainnya.
Perubahan ini dapat dikaitkan dengan Robert McNamara yang diangkat presiden pada tahun 1968 oleh Lyndon B. Johnson. McNamara diimpor gaya manajerial teknokratis kepada Bank bahwa ia telah digunakan sebagai Amerika Serikat Menteri Pertahanan dan Presiden Ford Motor Company. McNamara bergeser kebijakan bank terhadap langkah-langkah seperti membangun sekolah dan rumah sakit, meningkatkan melek huruf dan reformasi pertanian. McNamara menciptakan sistem baru pengumpulan informasi dari negara-negara peminjam potensial yang memungkinkan bank untuk proses aplikasi kredit jauh lebih cepat. Untuk membiayai lebih banyak pinjaman, McNamara mengatakan bank bendahara Eugene Rotberg untuk mencari sumber modal baru di luar bank-bank utara yang telah menjadi sumber utama pendanaan bank. Rotberg menggunakan pasar obligasi global untuk meningkatkan modal yang tersedia untuk konsekuensi bank.One jangka waktu kredit pengentasan kemiskinan adalah peningkatan pesat hutang dunia ketiga. Dari 1976-1980 mengembangkan utang dunia naik pada tingkat tahunan rata-rata 20%.
1980-1989 .

Pada tahun 1980, A.W. Clausen diganti McNamara setelah dicalonkan oleh Presiden AS Jimmy Carter. Clausen menggantikan sejumlah besar staf bank dari era McNamara dan melembagakan fokus ideologi baru di bank. Penggantian Kepala Ekonom Hollis B. Chenery oleh Anne Krueger pada tahun 1982 menandai perubahan kebijakan penting di bank. Krueger dikenal karena kritiknya terhadap pendanaan pembangunan serta pemerintah dunia ketiga sebagai negara rente.
Pinjaman untuk membayar hutang dunia ketiga menandai periode 1980-1989.

UNICEF melaporkan di akhir 1980-an bahwa program penyesuaian struktural Bank Dunia bertanggung jawab untuk "kesehatan dikurangi, tingkat gizi dan pendidikan bagi puluhan juta anak di Asia, Amerika Latin, dan Afrika".
1989-sekarang
Dari tahun 1989, kebijakan Bank Dunia berubah sebagai tanggapan atas kritik dari banyak kelompok. Kelompok-kelompok lingkungan dan LSM yang tergabung dalam pinjaman bank dalam rangka mengurangi dampak masa lalu yang diminta seperti proyek-proyek criticism.Bank keras "termasuk" keprihatinan hijau.


ADB (Asian Development Bank)
ADB adalah lembaga keuangan pembangunan internasional yang misinya adalahuntuk membantu negara-negara berkembang anggotanya mengurangi kemiskinandan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat mereka.

Berkantor pusat di Manila, dan didirikan pada tahun 1966, ADB dimiliki dan dibiayaioleh 67 anggotanya, yang berasal dari 48 daerah dan 19 berasal dari bagian laindunia.

Mitra utama ADB adalah pemerintah, sektor swasta, organisasi nonpemerintah,lembaga pengembangan, organisasi berbasis masyarakat, dan yayasan.

Berdasarkan Strategi 2020, sebuah kerangka kerja strategis jangka panjang yang diadopsi tahun 2008, ADB akan mengikuti tiga agenda strategis yang saling melengkapi: inklusif pertumbuhan, lingkungan pertumbuhan yang berkelanjutan, danintegrasi regional.

Dalam mengejar visinya, instrumen utama ADB terdiri dari pinjaman, bantuan teknis,hibah, saran, dan pengetahuan.

Meskipun sebagian besar adalah pinjaman sektor publik - dan pemerintah - ADBjuga memberikan bantuan langsung kepada perusahaan swasta negara-negaraberkembang melalui investasi modal, jaminan, dan pinjaman. Selain itu, triple-A peringkat kredit membantu memobilisasi dana untuk pembangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar