Semangat Belajar adalah nomor 1

Senin, 15 November 2010

PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

Pemasaran dan produksinya merupakan fungsi pokok bagi perusahaan. Semua perusahaan berusaha produksi dan memasarkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiataan usaha yang di tunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli potensial. Pada saat ini kegiatan pemasaran mempunyai peranan sangat penting dalam dunia usaha. Jadi, pemasaran merupakan keseluruhan dari pengertian tentang :
- penjualan
- perdagaan
- Distribusi

• Penciptaan faedah bagi konsumen
Faedah adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memasukan kebutuhan.perusahaan dapat menciptakan lima macam faedah yakni :

- Faedah bentuk
- Faeadah waktu
- Faeadah tempat
- Faedah milik
- Faedah informasi

• Konsep pemasaran
Konsep pemasaran adalah sebuah fisafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan. Konsep perusahaan ini banyak dianut oleh perusahaan modern yang ingin menyapai laba jangka panjang dengan berorientasi kepada konsumen atau pasar.

• Pendekatan studi pemasaran
Pemasaran dapat di pelajari dengan mengadakan berbagi macam pendekatan, yaitu :
- Pendekatan serba fungsi
- Pendekatan serba lembaga
- Pendekatan serba barang
- Pendekatan serba sistem

• Pendekatan serba fungsi
Jumlah dan macam fungsi ini tergantung pada macam tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam perdagangan. Perdagangan. Adapun fungsi pokok pemasaran adalah :
- Penjualan
- Pembelian
- Pengangkutan
- Penyimpanan
- Pembelanjaan
- Penanguhan risiko
- Standardisasi dan granding
- Pengumpulan informasi

• Pendekataan serba lembaga
Pendekataan serba lembaga ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan permasalahan ,lembaga tersebut adalah :
- Penyediaan barang
- Perantara dagang
- Perantara agen
- Perantara pedagang
- Perusahaan saingan
- Pembeli akhir

• Pendekataan serba barang
Pendekatan serba barang atau di sebut juga pendekataan organisasi industri, merupakan suatu pendekataan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industri.

• Pendekataan serba manajemen
Pendekataan serba manajemen mempelajari pemasaran dengan menitik beratkan pada pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil. Di sini pemasaran di tinjau sebagai suatu kerangka yang terdiri dari atas variable-variable yang dapat di kontrol seperti :
- Produk perusahaan
- Saluran distribusi
- Harga
- Promosi

• Pendekataan serba sistem
Pendekataan serba sistem atau pendekataan sistem total ini mencakup element-element yang luas dalam sistem pemasaran, termasuk keempataan pendekataan ke empat.
Sumber pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran, barang, jasa, ide,orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta pengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.

• Pasar
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang, untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakan nya.dari definisi tersebut dapatlah di ketahui adnya tiga unsur penting yang terdapat dalam pasar, yakni :
- Orang dengan segala keinginannya
- Daya beli mereka
- Kemauan untuk membelanjakan uangnya

• Macam-macam pasar
- Pasar konsumen
- Pasar industri
- Pasar penjual
- Pasar pemerintah

• Segmentasi pasar
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satu-satuan pasar yang bersifat homogen.tidak ada perusahaan yang dapat melayani semua kebutuhan konsumen.


• Marketing mix dan produk
Marketing mix adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem dari sistem pemasaran perusahaan.

• Barang
Barang adalah suatu sifat yang kompleks dapat di raba maupun tidak dapat di raba. Sehingga barang-barang di bagi ke dalam :
- Barang tahan lama
- Barang tahan tidak lama
- Jasa

• Barang kosumsi
Barang kosumsi adalah barang-barang yang di pakai untuk kosumsi. Penggolanngan barang menurut tujuan pemakainnya oleh si pemakai
Penggolongan barang menurut tujuan pemakaiaanya oleh si pemakai ini banyak di gunakan karena sangat praktis. Masing-masing golongan masih di bagi ke dalam berbagai jenis barang:
- Barang konsumen
- Barang konvenien
- Barang shopping
- Barang spesialis

• Barang industri
Barang industri adalah barang-barang yang di beli untuk di peroses lagi atau ke pentingan dalam industri. Barang industri tersebut masih dapat di bedakan lagi menjadio lima golongan sebagai berikut :
- Bahan baku
- Perlengkapan operasi
- Instalasi
- Peralatan ekstra

• Merk
Merk adalah suatu nama,istialah simbul atau disain atau kombinasiya yang di maksukan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari barang-barang yang di hasilkan oleh pesaing.


• Saluran pemasaran
Semua perusahaan perlu melaksanakan fungsi distribusi ; dan hal ini sangat penting bagi pembangunan perekonomian masyarakat karena bertugas mnyampaikan barang dan jasa yang di perlukan oleh konsumen. Saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen.

• Saluran distribusi ganda
Ada beberapa masalah yang harus dipertimbangakan dalam pemilihan saluran distribusi, faktor-faktor tersebut antara lain :
- Jenis barang yang di pasarkan
- Produsen yang menghasilkan produknya
- Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
- Pasar yang di tuju

• Perantara saluran
dalam operasinya, perantara saluran melaksanakan berbagai macam fungsi pemasaran, seperti penyimpanan, pengangkutan, dan sebagainya. Sering pula mereka terlibat dalam penanganan barang-barang dalam jumlah besar.

• Pedagang besar
Pedagang besar merupakan saluran salah satu lembaga saluran yang penting, terutama untuk menyalurkan barang kosumsi. Banyak fungsi-fungsi pemasaran yang mereka lakukan, sehingga pedagang besar ini dapat di golongkan ke dalam :
- Pedagang besar dengan fungsi penuh
- Pedagang besar dengan fungsi terbatas

• Pengecer
Dalam pemasaran, pengecer mempunyai peranan yang penting karena berhubungan secara langsung dengan konsumen akhir. Jadi pedagang eceran ini meliputi kegiatan yang berhubungan secara langsung dengan penjual barang atau jasa kepada konsumen akhir untuk keperluan peribsadi.

• Agen
Di muka kita telah membahas tentang perantara pedagang, baik pedagang besar maupun pegecer ada jenis-jenis agen yang ada antara lain :
- Agen penjualan
- Agen pembelian
- Agen pengangkutan

• Jumlah perantara dalam saluran
Setelah produsen menentukan saluaran distribusi yang akan dipakai masalah yang di hadapi berikut nya adalah masalah penentuan jumlah . produsen mempunyai tiga alternatif yang dapat di tempuh nya :
- Distribusi intesif
- Distribusi selektif
- Distribusi eksekutif


• Distribusi fisik
• Distribusi selektif
• Distribusi eksklusif
Distribusi Fisik
Distribusi fisik dipakai untuk menggambarkan luasnya kegiatan pemindahan suatu barang ke tempat tertentu pada saat tertentu.
Pada pokoknya dua masalah penting yang terdapat dalam kegiatan distribusi fisik ini adalah :
1. Pengangkutan
Pengangkutan dapat dikatakan sebagai pemindahan barang melalui suatu jalan atau jalur yang mengambil tempat diantara lembaga – lembaga saluran, atau antara lembaga saluran dengan konsumen.
Agen pengangkutan ini dapat dibedakan menurut dua cara, yaitu :
a. Penggolongan sesuai dengan metode pengangkutannya
b. Penggolongan sesuai dengan bentuk hukumnya
2. Penyimpanan
Seperti halnya dengan pengangkutan, masalah penyimpanan i ni sering memerlukan pemikiran tersendiri lebih – lebih bagi perusahaan yang tidak mempunyai fasilitas penyimpanan tersendiri.

PENENTUAN HARGA
Arti dan pentingnya Harga
Harga adalaah sejumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mujngkin ) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang – barang beserta pelayanannya.
Faktor – Faktor yang mempengaruhi tingkat harga
1. Keadaan perekonomian
2. Penawaran dan permintaan
3. Elastisitaspermintaan
4. Persaingan
5. Biaya
6. Tujuan perusahaan
7. Pengawasan pemerintah
Metode – metode Penetapan Harga
Ada dua pendekatan pokok dalam penentuan arga jual, yaitu :
1. Penetapan Harga Biaya plus
2. Penetapan Harga markup
3. Penetapan harga break even
4. Penetapan harga dalam hubungan dengan pasar
Politik penetapan harga
Beberapa politik penetapan harga yang akan dibahas di sini adalah :
1. Penetapan harga psikologis
2. Price lining
3. Potongan harga
4. Penetapan harga geogrif

Promosi dan periklanan
Promosi merupakan salh satu variable marketing mix yang di gunakan oleh perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasarnya. Beberapa kegiatan yang ada dalam promosi ini pada umum nya ada empat :
1. Periklanan
Adalah komunikasi non individu, dengan sejumlah biaya, melalui berbagai media yang di lakukan oleh perusahaan,lembaga non lembaga serta individu.
2. Personal selling
Adalah interaksi antar individu saling bertemu muka yang di tunjukan untuk menciptakan,memperbaiki, menguasai atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menghitungkan dengan pihak lain.
3. Promosi penjualan
Promosi penjualan ini merupakan yang berbeda dengan istilah promosi meskipun sama-sama menggunakan kata promosi, peromosi penjualan hanya merupakan salah satu kegiatan dalam promosi. Dalam promosi penjualan perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar